ARTIKEL

Source Code Aplikasi Klinik, Awas Terjebak

🕐 Baca 6 menit📅 15 February 2022 09:02

Saat ini sudah banyak sekali klinik yang menggunakan aplikasi digital sebagai sistem yang mengatur seluruh manajemen mulai dari pendataan antrian pasien, pemeriksaan dokter, hingga pemberian resep dan transaksi akhir.

Namun, sayang sekali karena juga tidak jarang pemilik klinik yang terjebak dengan menggunakan aplikasi klinik tak mumpuni.

Mereka mencari aplikasi klinik yang mempunyai harga jual tidak terlalu tinggi dengan harapan bisa meminimalisir biaya untuk pembelian software tersebut.

Padahal ini merupakan kesalahan yang cukup fatal dan bisa berakibat buruk bagi perkembangan klinik di masa depan. Kenapa?

Source Code Aplikasi Klnik

Kata kunci 'Source Code Aplikasi Klinik' menjadi salah satu yang paling sering dicari. Mereka berharap bisa menemukan source code aplikasi klinik untuk digunakan tanpa memperhatikan tentang banyaknya risiko yang dapat terjadi.

Aplikasi klinik yang seperti ini biasanya akan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, framework Codeigniter, jQuery, ajax, css boostrap, admin LTE, dan mungkin sejumlah lainnya.

Namun permasalahan yang sebenarnya ada di sini adalah bukan tentang bahasa pemrograman yang digunakan, tetapi bagaimana dengan keamanan saat memakai aplikasi klinik tersebut.

Perlu untuk diketahui kalau sebuah aplikasi bukan sulit hanya pada waktu pembuatannya saja, tetapi kerumitannya akan baru muncul setelah aplikasi dijalankan. Nantinya pasti akan muncul sejumlah masalah, misalnya seperti bug, error, celah untuk dihack, dan lain sebagainya.

Bahaya Menggunakan Aplikasi Klinik Sembarangan

1. Bug

Bug merupakan istilah yang biasa digunakan sebagai sesuatu yang harus dihindari terutama di dalam pembuatan sebuah aplikasi.

Dalam dunia pengembangan software, bug menjadi kesalahan yang bisa mengakibatkan aplikasi menjadi tidak berjalan dengan semestinya.

Biasanya seperti mengalami hang, freeze, layar berubah menjadi, atau yang paling sering adalah aplikasi yang tertutup dengan sendirinya.

Tak hanya membuat penggunanya menjadi kesal, bug juga memiliki resiko keamanan yang tentu saja berbahaya terutama bagi data-data yang ada di dalam aplikasi. Celah keamanan akibat dari bug juga dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk mencuri data, menanamkan malware atau melakukan hal buruk lainnya.

Sedikit membahas tentang bug di dalam aplikasi, ada beberapa jenis bug yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Syntax Bug: Aturan penulisan kode di komputer, apabila tidak benar dalam menulisnya, maka perintah akan gagal dijalankan
  • Runtime Bug: Aplikasi berupaya untuk menjalankan sesuatu yang sebenarnya tak diprogram
  • Logic Bug: Ketika aplikasi salah mengeksekusi perintah sehingga membuat output yang dihasilkan tidak sesuai
  • Arithmetic Bug: Terjadi saat aplikasi mengeksekusi kalkulasi sesuai perintah
  • Interfacing Bug: Pada waktu API atau elemen yang berhubungan dengan visual tak kompatibel hingga gagal dieksekusi

2. Error

Error merupakan kejadian pada program yang berjalan tidak sesuai dengan harapan karena terjadi kesalahan di aplikasi.

Ketika error terjadi, biasanya akan bisa diprediksi dan ditangani kejadian selanjutnya. Kalau secara program, error sendiri biasanya diartikan dengan 'ketidak sanggupan menampilkan data'.

Mirip seperti bug, error terdiri dari 3 macam, yaitu syntax error, runtime error, dan logic error. Untuk pengertiannya kurang lebih sama dengan yang bug sebelumnya ya.

3. Keamanan

Tadi sudah disinggung sedikit bahwa ketika terdapat sebuah bug di dalam aplikasi, maka bisa menjadi celah untuk terjadinya pembobolan data aplikasi.

Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya saat klinik mempunyai sejumlah data pasien secara rinci, mulai dari nama, alamat, nomor telepon, hingga riwayat kesehatannya.

Oleh karena itu, pemilihan aplikasi yang benar-benar terjamin sangat dibutuhkan. Jangan mengambil risiko yang sebenarnya dapat dihindari.

Fitur Aplikasi Klinik

Aplikasi klinik dibutuhkan untuk bisa memenuhi banyak keperluan dari pengelolaan dan penghematan waktu. Di dalamnya juga memiliki sejumlah fitur yang bisa difungsikan sebagaimana kebutuhan klinik.

Tak hanya mengatur manajemen saja, aplikasi juga harus mampu menyimpan data secara aman dan efektif agar bisa diakses dengan mudah.

Pada dasarnya untuk fitur yang diberikan oleh aplikasi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing klinik itu sendiri. Ini dikarenakan tak semua klinik mempunyai kebutuhan yang sama.

Data yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

1. Data Kasir

Pengelolaan bagian kasir yang dioperasikan lewat aplikasi yang didalamnya terdapat tempat untuk melakukan input transaksi para pasien yang melakukan perawatan di klinik.

2. Data Administrasi

Dipegang oleh bagian administrasi yang berisikan data-data administrasi dan dioperasikan oleh petugas pada saat jam buka klinik.

3. Data Pasien

Aplikasi yang berisikan identitas, riwayat kunjungan, serta informasi lainnya terkait pasien yang menjalani perawatan di klinik.

4. Data Perawat

Di sini berisikan daftar nama perawat yang sedang berjaga. Nantinya juga ada data berupa informasi terkait perawat tersebut secara lengkap.

5. Data Dokter

Data yang berisikan tentang daftar nama-nama dokter yang praktek beserta dengan asistennya di dalam klinik.

Tapi perlu untuk diketahui bahwa source code aplikasi klinik yang menyediakan fitur-fitur seperti tersebut di atas sudah tidak lagi kekinian.

Sekarang klinik-klinik telah menggunakan aplikasi klinik modern yang menyediakan ragam fitur menarik. Anda tidak perlu lagi repot untuk mengelola klinik dengan banyak jenis aplikasi dan penggunaan yang membingungkan.

Alasan Kenapa Aplikasi Klinik sangat Dibutuhkan

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Apakah Harga Aplikasi Klinik Mahal?

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Aplikasi Klinik Modern Gratis
Aplikasi Klinik Modern Gratis

Mengenal lebih dekat dengan Meja Dokter

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Aplikasi Klinik
8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Diterbitkan: 10 August 2022 16:11
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Diterbitkan: 22 August 2022 12:16
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Digitalisasi Kesehatan Indonesia
Aplikasi Klinik
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Digitalisasi Kesehatan Indonesia
Diterbitkan: 21 August 2022 12:26

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.